PEMBUATAN GAMES
"Cowboy vs Zombie"
hai guys..
Pada postingan kali ini saya akan membahas Proses pembuatan games yang bernama Cowboy VS Zombie.
Game ini termasuk ke dalam gendre game Archade. Game Archade adalah jenis ini
tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan untuk bersenang-senang
sebagai pengisi waktu senggang atau hanya untuk mencari nilai tertinggi saja. ini adalah gambar menu utama pada games tersebut.
Pembuatan game ini berbeda dengan rancangan pembuatan game yang telah
dijabarkan pada postingan sebelumnya nih... Pada postingan tersebut saya merencanakan
untuk membuat sebuah game yang bernama “archery
championship”, dimana game tersebut dibuat dengan menggunakan engine game
Unity. Namun dikarenakan kendala yang didapatkan pada penggunakan engine game
Unity maka saya mengalihkan jenis game Engine yang akan digunakan untuk
membangun sebuah game. Tentunya dengan perubahan jenis game Engine yang
digunakan, hal itu berpengaruh terhadapat jenis game apa yang akan dibuat.
Karena setiap engine game memiliki keterbatasan didalam proses pembuatan game. Oleh Karena itu saya memutuskan untuk membuat
sebuah game bergendre archade, dengan nama Cowboy
vs Zombie.
Oke deh supaya tidak membuang banyak waktu, langsung saja kita menuju tahapan pembuatan/pembangunan game "Cowboy VS Zombie" .
Dalam Proses pembuatan aplikasi didahului dengan penentuan metodelogi yang akan digunakan dalam pembangunannya. Dari berbagai jenus metodelogi yang ada saya menggunakan metodelogi SDLC. SDLC merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana(planning), analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance). oke untuk itu.. kita bahas yang pertama adalah rencana.
A. Rencana (Planning)
Game yang akan dibuat adalah game yang dapat dimainkan oleh segala usia dan sangat cocok untuk mengisi waktu luang. Game tersebut juga harus mudah dimainkan. berdasarkan keinginan tersebut maka gendre game yang cocok dipakai adalah gendre archey. Tema game ini adalah bertahan hidup dan mencari point tertinggi. Tokoh utama yang diambil dalam game ini adalah cowboy. kenapa cowboy?? karena cowboy terkenal dengan keberanian dan keahliannya dalam memainkan pistol. hal tersebut sangat cocok ketika seseorang yang hebat di haruskan melawan para zombie yang berkeliaran. sang cowboylah yang akan melawan para zombie tersebut untuk mendapatkan point tertinggi. Maka judul yang akan diambil adalah "Cowboy VS Zombie".
B. Analisis (Analysis)
Analisis adalah tahap meneliti kebutuhan apa saja yang kiranya dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi. Pada pembuatan game ini ada beberapa kebutuhan yang diperlukan yaitu:
Pada halaman utama ini terdapat berbagai navigasi yang berfungsi untuk mengatur game. yaitu tersedianya tombol untuk melihat bagaimana cara bermain. terlihat pada gambar bahwa terlihat terdapat layer cara bermain yang berukuran besar. layer terserbut bernilai default invisible, sehingga ketiga game dijalankan layer tersebut tidak terlihat, kecuali jika tombolnya dieksekusi. kemudian terdapat pula tombol exit dan tombol sound. menu utama ini bersifat dapat di sentuh. jika disentuh atau ditekan tombol apapun maka permainan akan langsung dimulai.
b. Layout Screen 1
Oke deh supaya tidak membuang banyak waktu, langsung saja kita menuju tahapan pembuatan/pembangunan game "Cowboy VS Zombie" .
Dalam Proses pembuatan aplikasi didahului dengan penentuan metodelogi yang akan digunakan dalam pembangunannya. Dari berbagai jenus metodelogi yang ada saya menggunakan metodelogi SDLC. SDLC merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana(planning), analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance). oke untuk itu.. kita bahas yang pertama adalah rencana.
A. Rencana (Planning)
Game yang akan dibuat adalah game yang dapat dimainkan oleh segala usia dan sangat cocok untuk mengisi waktu luang. Game tersebut juga harus mudah dimainkan. berdasarkan keinginan tersebut maka gendre game yang cocok dipakai adalah gendre archey. Tema game ini adalah bertahan hidup dan mencari point tertinggi. Tokoh utama yang diambil dalam game ini adalah cowboy. kenapa cowboy?? karena cowboy terkenal dengan keberanian dan keahliannya dalam memainkan pistol. hal tersebut sangat cocok ketika seseorang yang hebat di haruskan melawan para zombie yang berkeliaran. sang cowboylah yang akan melawan para zombie tersebut untuk mendapatkan point tertinggi. Maka judul yang akan diambil adalah "Cowboy VS Zombie".
B. Analisis (Analysis)
Analisis adalah tahap meneliti kebutuhan apa saja yang kiranya dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi. Pada pembuatan game ini ada beberapa kebutuhan yang diperlukan yaitu:
- Laptop
Adapun laptop yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah laptop Acer Aspire E5-471G. dengan spesifikasi sebagai berikut:Operating System:
Windows 8.1 Pro 64-bit (6.3, Build 9600) (9600.winblue_ltsb.170427-1704
Language: English (Regional Setting: English)
System Manufacturer: Acer
System Model: Aspire E5-471G
BIOS: V1.01
Processor: Intel(R) Core(TM) i3-4030U CPU @ 1.90GHz (4 CPUs), ~1.9GHz
Memory: 4096MB RAM
Available OS Memory: 4020MB RAM
Page File: 4372MB used, 2693MB available
Windows Dir: C:\Windows
DirectX Version: DirectX 11
DX Setup Parameters: Not found
User DPI Setting: Using System DPI
System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
DWM DPI Scaling: Disabled
DxDiag Version: 6.03.9600.17415 64bit Unicode - Game Engine
Construct 2
- Intel XDK
Intel XDK
Intel XDK adalah development kit yang dibuat oleh Intel untuk membuat aplikasi native untuk perangkat mobile menggunakan teknologi web seperti HTML5, CSS dan JavaScript. Dalam pembuatan game ini, intek XDK digunakan untuk mengkonvert projek dari Html 5 ke android - Handphone
Handpne asus digunakan sebagai bahan uji coba dalam pembuatan game ini. Hanphone ini memiliki spesifikasi - Pengumpulan data-data
Adapun data yang dibutuhkkan adalah template. Banyak situs yang telah menyediakan template-template bagus dan gratiis. Pada game ini template saya dapatkan dari situs https://blogs.msdn.microsoft.com/gamewords777/2014/09/25/free-game-templates-in-construct-2/ .
Tahapan perancangan adalah tahapan
mendesain komponen komponen apa saja yang akan digunakan pada game. Terdapat
beberapa rancangan yang dibuat berikut adalah penjabaranya.
Struktur Navigasi |
a. Rancangan Navigasi
Terlihat pada struktur navigasi
diatas bahwa game yang akan dibuat
memiliki jenis stuktur navigasi campuran. Untuk keluar dari user harus kembali
kehalaman utama lalu tekan tombol exit. Namun jika pada android user dapat
langsung keluar dengan menekan tombol home. User juga dapat mengatur apakah ia
ingin menggunakan backsound atau tidak. Selain itu user juga dapat melihat
aturan bagaimana cara bermain dan melihat score yang user dapatkan.
b.Rancangan skenario
Saat
pertama membuka game user disambut dengan backsound game, lalu masuk ke halaman
utama. Halaman utama ini berisi kumpulan menu yang dapat digunakan user. Dari
halaman utama user dapat melihat menu cara bermain, higtscore, exit atau langsung bermain game. Saat bermain
game user dapat memberhentikan sementara game dan lalu melanjutkannya kembali.
c. Rancangan UI (User Interface)
terdapat tiga bagian dalam rancangan UI ini. pertama adalah Halaman Utama Yang berupa menu utama, dan sisanya adalah screen game. terdapat dua screen yang akan dibuat.
D. Implementasi
Tahapan implemetasi adalah tahap menerapkan apa yang sudah dianalisi dan dirancang. berikut adalah pembahasan tahapan implementasi
A. Mengembangkan Template
Sebagaimana telah dijelaskan bahwa template yang digunakan adalah template yang telah disediakan pada situs yang telah dijelaskan sebelumnya. pada tahap ini template dikembangkan dengan menambahkan objek-objek yang diperlukan seperti tombol navigasi. terdapat tiga layout yang digunakan dalam pembuatan game ini. yaitu
a. Layout Menu (Halaman Utama)
Halaman Utama |
b. Layout Screen 1
Screen 1 |
c. layout Screen 2
Screen 2 ini bertemakan didalam ruangan kerajaan. sama seperi screen satu pada screen game ini terdapat beberapa label dan tombol yang berfungsi mengatur game dan memberikan informasi terkait permainan yang sedang berlangsung. dibagian ujung bawah kanan dan kiri terdapat alat kontrol virtual stick dan tombol untuk menembak.
Screen 2 |
b. Membangun
sourcode
Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Construct 2 memeberikan kesempatan bagi seseorang untuk membuat sebuah game tanpa harus mengkoding. Kita tinggal menggunakan fungsi-fungsi yang ada. Soucode pada Construct 2 ini berupa blog-blog. Berikut adalah sourcode yang saya gunakan dalam membangun game “Cowboy VS Zombie” ini. saya ttidak akan menampilkannya disini karena terlalu panjangn dan banyak.
Namun alur coding yang dihasilkan adalah. dimana game dimulai saat layer game utama mendapatkan input berupa sentuhan. kemudian player akan masuk kedalam screen 1. disana moster dan skull (skull adalah bola tengkorak api) akan berkerja. monter zombie akan bergerak dari sumbu kiri dan kanan layar. interval munculnya zombie bersifat random. zombie dan skull memiliki AI dimana setiap levelnya bertambah maka range skull dan zombie mengetahui letak player akan semakin cepat. level akan bertambah sesuai dengan banyaknya pergantian screen.
pada menu utama terdapat navigasi yang masing masing bekerja dengan alur ataiu logika sebagai berikut.
1. tombol cara bermain
tombol ini akan menampilakn layer yang bernama cara bermain berserta dengan objek-objek didalam layer tersebut. ketika itu terdapat variabel cekcarabermain bernilai 1. ketika tombol tersebut kembali ditekan variabel tersebut akan bertambah 1 sehingga mengakibatkan percabangan dimana jika variabel cekcarabermain tersebut bernilai diatas 1 maka ia akan mensetting layer cara bermain beserta dengan objek-objeknnya ke invisible lalu variable cek cara bermain dikembalikan menjadi 0.
2. tombol sound
logika yang sama diterapkan namun hanya objek-objek yang di nonaktifkan bukan layer. juga menggunakan variabel pengukur. namun berbeda variabelnya.
3. tombol exit
tombol ini berkerja dengan menutup window game.
E. Testing
tahap ini adalah tahapan terakhir. Dinama game ini dibuat untuk dua jenis platform yaitu html 5 dan android. sehingga terdapat dua jenis testing. berikut adalah pembahasannya.
a. Platform
Html 5 dengan menggunakan Browser mozilla
Dalam proses testing juga digunakan browser lain, namun jika ingin menggunakan browser lain. folder game harus dimasukan kedalam localhost dan jalankan menggunakan local servernya. serperti apache
b. Platfrom
android yang diuji dengan Handphone Asus Zenphone 2 ZE500KL
Games "Cowboy VS Zombie" ini hanya dapat bekerja di android API 18 keatas.
Menu Utama |
Menu cara bermain |
Saat bermain |
Kesimpulan
Pembuatan games Cowboy VS Zombie ini menggunakan metode SDLC, dengan metode tersebut prose pembuatan sebuah games dapat dilakukan dan diimplementasikan dengan mudah dan jelas. Games ini mengembangkan template yang sudah ada sebelumnya.. saya menambahkan berbagai fitur seperti sound effect, navigasi, dan AI. kesulitan yang terjadi adalah keterbatasan Contruct2 yang digunakan. karena engine game yang saya gunakan masih berlisensi free sehingga memiliki keterbatasan jumlah Event atau kondisi yang dapat dilakukan yaitu 100 event saja. game ini bertujuan untuk menghibur diri dan mengisi waktu luang saja dan juga dapat dipakai.
Download template construct 2 disini
https://blogs.msdn.microsoft.com/gamewords777/2014/09/25/free-game-templates-in-construct-2/ .
Download Construck 2
https://www.scirra.com/
atau
https://steamcommunity.com/app/227240
Komentar
Posting Komentar